-->

3 Peramban Web Browser Populer di Android

Peramban Web Android


Peramban Web - Sebagai pengguna internet tentu sudah tidak asing dengan istilah Peramban Web, hampir setiap membuka dan mengakses internet pengguna menggunakan dan memerlukan sebuah peramban web. Istilah lainnya yang sering dikatakan adalah Penjelajah web, Penelusur Web, Web Browser, Browser.

Tahukah Anda pengertian dan jenis Peramban Web?
Secara umumnya adalah sebuah perangkat lunak (Software) yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi maupun data di Internet, baik berupa halaman web atau situs, gambar, video, atau jenis konten lainnya.

Berbagai jenis peramban web 'pun dibuat dan dirilis oleh beberapa pengembang, selain untuk dukungan di komputer/laptop tentunya juga untuk dukungan pada smartphone beroperasi android. Dari banyaknya peramban web yang tersedia di Playstore, yang paling populer diantaranya:
  1. Google Chrome
  2. UC Browser
  3. Opera Mini
3 peramban web tersebut tentunya memiliki berbagai fitur kelebihan dan kekurangannya masing-masing bagi pengguna smartphone android. Berikut ini saya paparkan sesuai penjelasan masing-masing pengembang dari fitur ketiga browser tersebut yang saya baca dari toko aplikasi android (Playstore) berdasarkan jumlah paling banyak didownload.

1. GOOGLE CHROME (Cepat & Aman)
Pengembang : Google Llc
Deskripsi singkat : Akses internet lebih cepat, hemat kuota&download ~60%, plus fitur Safe Browsing
Jumlah download : 1 Milyar pengguna
Ratting : 4.3

Google Chrome adalah browser yang cepat, mudah digunakan, dan aman. Dirancang untuk Android, Chrome memberikan artikel berita yang dipersonalisasi, link cepat ke situs favorit dan hasil download, serta telah dilengkapi dengan Google Penelusuran dan Google Terjemahan.

Cepat dan hemat kuota.
Aktifkan fitur Penghemat Data di Chrome untuk mengakses internet dan bernavigasi secara online sambil menghemat penggunaan data. Chrome menghemat penggunaan data hingga 60% dengan fitur kompresi teks, gambar, video, dan situs tanpa menurunkan kualitasnya.

Semua konten favorit dapat diakses dengan satu tap.
Chrome tidak hanya cepat untuk Google Penelusuran, namun juga dirancang agar Anda dapat mengakses semua konten favorit dengan sekali tap. Anda bisa menge-tap situs berita atau media sosial favorit langsung dari halaman tab baru. Chrome juga dilengkapi dengan fitur “Tap untuk Menelusuri” di halaman mana pun. Anda bisa menge-tap kata atau frasa apa pun untuk memulai penelusuran Google sambil membuka halaman yang sedang dibaca.

Mendownload dan melihat secara offline.
Chrome memiliki tombol download khusus, sehingga video, gambar, dan seluruh halaman dapat didownload dengan mudah hanya dengan sekali tap. Chrome juga memiliki Beranda Download tepat di dalam Chrome, sehingga Anda dapat mengakses semua konten yang sudah didownload, bahkan saat offline.

Lindungi ponsel Anda dengan fitur Google Safe Browsing.
Chrome telah dilengkapi dengan Google Safe Browsing. Fitur ini menjaga keamanan ponsel dengan menampilkan peringatan saat Anda akan membuka situs berbahaya atau mendownload file berbahaya.

Menggunakan mode handsfree.
Chrome memiliki fitur yang memungkinkan Anda berbicara dengan browser. Gunakan penelusuran suara Google untuk mendapatkan jawaban kapan saja di mana saja tanpa mengetik. Anda dapat bernavigasi dan mengakses internet lebih cepat menggunakan suara di mana saja kapan saja.

Menerjemahkan teks di layar.
Chrome telah dilengkapi dengan Google Terjemahan. Chrome akan menerjemahkan seluruh halaman ke dalam bahasa Anda dengan sekali tap.

Saran yang dipersonalisasi dengan baik.
Chrome memberikan pengalaman yang disesuaikan dengan minat Anda. Di halaman tab baru, Anda akan menemukan artikel yang dipilih Chrome berdasarkan riwayat akses Anda sebelumnya. Saat mengetik di kolom pencarian Google, Chrome dapat otomatis melengkapi link situs atau menyarankan kueri untuk menghemat waktu Anda.

Privasi.
Gunakan mode rahasia untuk mengakses internet tanpa menyimpan riwayat.

Sinkronisasi di seluruh perangkat. Bookmark, sandi, dan setelan Anda akan otomatis disinkronkan di semua perangkat ketika login ke Chrome. Anda dapat mengakses semua informasi dari ponsel, tablet, atau laptop dengan lancar.

2. UC BROWSER (Unduhan Cepat)
Pengembang : Ucweb Inc
Deskripsi singkat : Cepat, Ekslusif, dan Aman. Ikuti Live Score Bola & OMG Quiz, Berhadiah Uang!
Jumlah download : 500 juta pengguna
Ratting : 4.5

Urusan download file besar, saya sendiri lebih mengandalkan browser ini. Berikut penjelasan fitur lainnya.

✔Mode Facebook cepat dan nyaman Pengalaman yang lebih baik untuk Facebook.
✔ Video online tanpa menunggu Film dan Serial di Mode Cepat.
✔ Unduhan cepat dan stabil,nikmati video offline.

Fitur Utama
★ Mode Facebook
★ Berita Bola untuk Indonesia
★ Video untuk semua selera
★ Unduhan pintar
★ ADBlock
★ Mode cepat
★ Navigasi cepat dan stabil
★ Kontrol Video dengan Gerakan
★ Mode Malam

Detail fitur
Mode Facebook
Fitur unik ini mempercepat Facebook. Berapapun kecepatan internet Anda, UC menemukan cara untuk meningkatkan kecepatan.

Berita Bola untuk Indonesia
Tonton berita bola untuk Indonesia di navigasi UC Browser, jangan lewatkan berita bola apapun.

Video untuk Semua Selera
UC Browser akan menampilkan film dan serial TV apapun!

Unduhan Pintar
Server kami mempercepat dan menstabilkan unduhan. Sebagai tambahan, saat terjadi gangguan koneksi, UC Browser akan melanjutkan unduhan dari titik pause.

ADBlock
Dengan bantuan dari pengguna kami, AdBlock akan memblok iklan membandel di situs-situs utama.

Mode Cepat
Mengkompresi data, mempercepat navigasi dan menghemat MB berharga dari kuota internet anda.

Navigasi Cepat dan Stabil
Dengan riwayat tanpa "hang" UC Browser. Navigasi sangat lancar.

Kontrol Video dengan Gerakan
Volume, kecerahan, perkembangan, dll. dapat dikontrol dengan Gerakan.

Mode Malam
Ganti ke mode malam untuk membaca lebih nyaman di malam hari.

3. OPERA MINI (web browser cepat)
Pengembang : Opera
Deskripsi singkat : Browser yang cepat, aman, hemat data, blok iklan dan bisa download dengan mudah
Jumlah download : 100 juta pengguna
Ratting : 4.4

Browser ini mengklaim memungkinkan pengguna dapat melakukan apapun tanpa membuang-buang paket data. Peramban yang cepat dan aman ini menghemat banyak data kuota pengguna.

Fitur baru
Blokir iklan - Opera Mini memiliki pemblokir iklan bawaan, sehingga Anda dapat menjelajahi web tanpa iklan yang mengganggu.

Tambah ke layar Home - Tambah situs yang sering Anda kunjungi ke layar Home mobile Anda dengan satu klik.

Pantau terus data Anda - Anda dapat memeriksa penghematan Anda di menu pengaturan dan melihat seberapa banyak data yang dihemat oleh Opera Mini untuk Anda.

Melakukan banyak tugas - Simpan banyak laman terbuka sekaligus dengan banyak tab.

Menjelajah secara pribadi - Kita semua punya laman-laman yang pernah kita kunjungi tetapi tidak perlu diingat. Jika Anda tidak ingin ada laman yang tersimpan di riwayat, Anda bisa menjelajah dengan mode penyamaran menggunakan tab pribadi.

Pengunduhan yang lebih pintar - Unduh file di belakang layar dan beri jeda untuk unduhan file berukuran besar hingga Anda mendapatkan jaringan Wi-Fi. Opera Mini akan memberitahu Anda jika unduhan sudah selesai. Cukup klik pemberitahuan untuk membuka unduhan Anda – tidak perlu lagi membuka folder satu per satu.

Hal menarik lainnya
✔ Simpan situs favorit
Ketuk tombol + di bilah pencarian untuk menyimpan halaman ke Panggil Cepat Anda, menambahkannya ke bookmark mobile atau membacanya saat offline.

✔ Dapatkan berita terbaru
Laman awal menyimpan semuanya di satu tempat. Pilih kategori yang Anda inginkan dan Opera Mini akan menampilkan cerita-cerita terbaik dan konten terbaru dari seluruh web.

✔ Sinkronkan perangkat Anda
Bebaskan diri Anda mengakses semua bookmark, pintasan Panggil Cepat, dan buka tab dari perangkat Anda yang lain.

✔ Tampilan malam
Redupkan pencahayaan layar demi kesehatan mata Anda.

✔ Ganti mesin pencari Anda
Tetapkan mesin pencari default favorit Anda.

Itulah penjelasan dari 3 peramban web atau browser untuk smartphone android yang menjadi pilihan pengguna.

Fitur dari ketiga browser tersebut sangat bagus tetapi tentunya memiliki kekurangan juga bagi masing-masing pengguna. Sebagai saran jangan melihat dari jumlah download, nilai ratting terbanyak, akan tetapi alangkah baiknya memilih browser yang responsive dan memiliki performa baik jika dijalankan pada masing-masing smartphone android Anda.

Untuk mengetahui browser manakah yang baik dan bagus performanya, bisa Anda baca artikelnya di Tips Memilih Peramban Web yang Bagus Untuk Ponsel Android.

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

1 Response to "3 Peramban Web Browser Populer di Android"

  1. Anonymous24/5/18 12:18

    Purchase 6000 Fortnite (+1500 Bonus!) V-Bucks.

    ReplyDelete

Isi Komentar sepenuhnya adalah Tanggung Jawab Komentator yang dinaungi oleh payung hukum dalam UU ITE.
Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak keluar dari topik yang dibicarakan!

wa